Thursday 11 February 2016

Batik, Kekuatan Baru Pariwisata Indonesia

HARI Batik Nasional diperingati setiap tanggal 2 Oktober. Tak heran, bila batik menjadi daya tarik budaya dan pariwisata Indonesia.
Batik dapat menjadi cinderamata serta barang yang bisa dibawa sebagai oleh-oleh. Selain itu, batik merupakan kekuatan pariwisata Nasional yang membuat Indonesia terkenal akan budaya yang kaya.
“Batik daya tariknya kuat dan jadi produk budaya Tanah Air yang menjadi pilihan wisatawan. Jadi batik salah satu kekuatan pariwisata kita,” jelas Asisten Deputi (Asdep) Pengembangan Pasar Bisnis dan Pemerintah Kementerian Pariwisata, Tazbir kepadaOkezone, Jumat (2/10/2015).

Batik sudah menjadi warisan budaya dunia dan banyak dikenakan wisatawan mancanegara. Bahkan, tokoh dunia seperti Nelson Mandela kerap mengenakan batik Indonesia semasa hidupnya.
“Batik sendiri sudah dikenal di Eropa atau Afrika. Nelson Mandela sering memakai batik, jelas terkenal Batik Mandela,” ujarnya.
Namun kata Tazbir, yang harus dimengerti oleh masyarakat adalah batik yang dimaksud sebagai warisan dunia adalah batik yang proses pembuatannya menggunakan tangan, bukan mesin.
“Kita bicara batik sekarang budaya seni dengan buatan tangan, bukan yang printing. Batik printing tidak bisa disebut batik karena tidak memberi dampak bagi pengrajin,” tutupnya.
(jjs)
sumber : http://lifestyle.okezone.com/read/2015/10/01/406/1224556/batik-kekuatan-baru-pariwisata-indonesia

No comments:

Post a Comment